Kamis, 07 Juni 2012

HAK-HAK ORANG TUA SETELAH MENINGGAL

  1. Menshalati Keduanya. Maksud menshalati disini adalah mendoakan keduanya. Yakni setelah keduanya meninggal dunia, karena ini merupakan bakti pada kedua orang tua. Oleh sebab itu seorang anak wajib lebih sering mendoakan kedua orang tuanya setelah meninggal dunia dibanding ketika mereka masih hidup. Jika seorang anak mendoakan keduanya maka kebaikan mereka akan semakin bertambah. Rasulullah saw bersabda: "Apabila seorang manusia telah meninggal. terputuslah amalannya kecuali 3 hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan dirinya".
  2. Beristighfar Untuk Mereka Berdua. Orangtua adalah  orang yang paling utama bagi seorang muslim untuk didoakan agar Allah swt mengampuni mereka karena kebaikan mereka yang besar. Allah swt menceritakan kisah nabi Ibrahim a.s. dalam Alquran (QS Ibrahim: 41): "Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku"
  3. Menunaikan Janji Kedua Orang Tua. Hendaknya seseorang menunaikan wasiat kedua orang tua dan melanjutkan secara berkesinambungan amalan-amalan kebaikan yang dahulu pernah dilakukan keduanya. Sebab pahala akan terus mengalir kepada mereka berdua apabila amalan kebaikan yang dulu pernah dilakukan dilanjutkan oleh anak mereka.
  4. Memuliakan Teman Kedua Orang Tua. Memuliakan teman kedua orang tua juga termasuk berbuat baik kepada orang tua. Ibnu Umar pernah berpapasan dengan seorang Arab Badui di jalan Menuju Makkah. Kemudian Ibnu Umar mengucapkan salam kepadanya dan mempersilahkan naik ke atas keledai yang ia tunggangi, selanjutnya ia juga memberikan sorban yang ia pakai. Ibnu Dinar berkata: "Semoga Allah swt memuliakanmu. Mereka orang Arab Badui dan mereka sudah terbiasa berjalan". Ibnu Umar berkata: "Sungguh dulu ayahnya teman Umar bin al-Khaththab dan aku pernah mendengar Rasulullah berkata: "Sesungguhnya bakti seorang anak yang terbaik adalah anak yang menyambung persahabatan dengan keluarga teman ayahnya setelah ayahnya meninggal dunia" (HR Muslim 2552)
  5. Menyambung Tali Silaturahim dengan Kerabat Ibu dan Ayah. Sabda Rasulullah: "Barang siapa ingin menyambung silaturahim dengan ayahnya yang berada dikubur, maka sambunglah tali silaturahim dengan saudara-saudara ayahnya setelah ia meninggal".
Sumber:Ensiklopedi Adab Islam Menurut al-Quran dan as-Sunnah